Kamis, 27 Desember 2007

Bahasa Pemrograman, Apa ya?^^

Seperti halnya manusia yang mempunyai bermacam-macam bahasa, begitu juga komputer. Namun berbeda dengan manusia yang bahasa dasarnya bergantung suku, bangsa atau tempat bermukim, komputer hanya mempunyai bahasa dasar yang berupa bahasa mesin. Bahas mesin adalah bahasa yang hanya mengenal kode biner, yaitu kode yang berisi angka 0 atau satu saja. Bahasa ini sudah tentu sulit bagi manusia. Menulis program dengan bahasa mesin sungguh sangat menjemukan, menyita waktu bagi penulisnya (pemrograman), dan menuntut pengetahuan tentang mesin itu sendiri.

Agar program mudah dibuat, maka akhirnya dicitakanlah bahasa pemrograman computer yang lain. Berdasarkan kedekatannya dengan bahasa manusia, bahasa pemrograman ini dibedakan atas 3 tingkatan,yaitu:
1.Bahasa pemrograman tingkat tinggi, merupakan bahasa pemrograman yang instruksinyaaling dekat dengan manusia ( dalam hal ini bahasa inggris), seperti: bahasa Basic, Fortran, Pascal, dan lain-lain. Program yang dihasilkan dengan bahasa pemrogaman tingkat ini lebih lambat dibandingkan dengan program yang dihasilkan dengan bahasa pemrograman yang lebih rendahtingkatannya, tetapi lebih mudah pemrogramannya.

2.Bahasa pemrograman tingkat menengeh merupakan bahasa pemrograman yang instruksinya masih dekat dengan bahasa manusia tetapi program yang dihasilkan mempunyai kecepatan yang lebih baik dari pada tingkat tinggi. Penggolongan tingkat menengah ini sebenarnya muncul belakangan. Contoh bahasa pemrograman tingkat menengah adalah bahasa C.

3.Bahasa pemrograman tingkat rendah meruakan bahas dasr komuter (disebut juga bahasa rakitan). Pemrograman dengan bahasa tingkat rendah ini memerlukan logika yang cukup rumit di samping instruksinya yang jauh berbeda dengan bahasa manusia. Program yang dihasilakn dengan bahasa pemrograman tingkat ini mempunyai keceatan yang paling baik. Contoh bahasa pemrograman tingkat rendah adalah bahasa Assembly ( Assembly = rakitan, Assembler=perakit)

Tidak ada komentar: